Tuesday, January 23, 2007

Kiamat Sudah Dekat... (Mukadimah)

Umur ummat Islam tinggal beberapa tahun lagi. Kiamat akan segera tiba.Begitu tema yang sering diceramahkan muballigh muda, Muhammad IhsanArlansyah Tanjung (42). Tema Ma'rifatuz Zamaan atau Mengenal[tanda-tanda] Zaman itu disebarluaskan terus oleh Ihsan dengan"berpegang pada Al-Quran dan hadits-hadits shahih," tukasnya.
Salah satu contohnya adalah Al-Quran Surat Muhammad ayat 8, "Makatidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat, (yaitu)kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba. Karena sesungguhnya telahdatang syarat-syaratnya."

Sedangkan syarat atau tanda-tanda (kecil) kiamat di antaranya tercantumdalam Hadits Riwayat Muslim dari 'Umar bin Khaththab Radhiallaahu 'anhu,yang diriwayatkan pula oleh Ahmad dari Ibnu 'Abbas. Bunyinya, "Apabilabudak perempuan melahirkan tuannya, dan ketika penggembala kambing yangtelanjang kaki serta kekurangan pakaian tinggal di gedung-gedung tinggi.."

Apakah fenomena di atas sudah terjadi saat ini? "Sekarang ini, anak yangkurang ajar dan suka ngatur orangtua tidak cuma ada di Barat. Di negerikita yang mayoritas Muslim pun terjadi, anak menyuruh ibunya begini-begitu. Seolah-olah anak itulah tuan, dan si ibu menjadi hamba sahaya," jelas Ihsan.

Tanda-tanda lainnya adalah imraatus sibyaan (kekuasaan di tangananak-anak). Itu bisa berarti bahwa penguasa di rumah tangga adalahanak-anak, bukan lagi orang tua. Atau, yang menjadi penguasa dimasyarakat adalah orang yang berkarakter kekanak-kanakan.
Selain itu, maraknya pemutusan silaturahim antar sesama Muslim. Manusia masa kini rajin menggunakan telepon tetapi untuk urusan bisnis,bukan menelepon orangtua atau saudara. Alasannya sibuk, cari duit.Padahal kata Rasulullah, barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinyadan diperpanjang umurnya, maka bersilaturahimlah. "Lucu kan jadinya.Kita sibuk cari duit tetapi justeru memutus silaturahim," ujar muballighyang setiap Senin ba'da Subuh membahas "Tafsir Fii Zhilaalil Qur'an"karya Sayyid Quthb, di RCTI.

Apa dan bagaimana huru-hara akhir zaman itu? Kapan akan terjadinya?Ihsan Tandjung menguraikan panjang lebar hasil bacaannya dari berbagaikitab kepada wartawan Majalah Hidayatullah, Pambudi Utomo, dankontributor Nuim Hidayat. Selamat mencermati.

No comments: